Monday, August 8, 2016

Mengenal Kontraksi Ibu hamil Sebagai Tanda-Tanda Persalinan

kontraksi ibu hamil

Persalinan ibu melahirkan secara umum akan terlebih dahulu di tandai dengan adanya tanda-tanda yang khusus dan wajib untuk ibu hamil ketahui. Kontraksi adalah salah satunya sebagai tanda ibu hamil akan menjalani proses melahirkan.

Namun tidak semua kontraksi ibu hamil terjadi pada saat mendekati persalinan. Pada saat ibu hamil, dinding rahim yang membesar seiring pertumbuhan janin di dalam kandungan peka terhadap rangsangan. Sehingga mengakibatkan gerakan yang tiba-tiba terjadi oleh ibu hamil dapat menyebabkan kontraksi di dalam dinding rahim. Karena adanya hormon kewanitaan yang banyak di hasilkan saat hamil, menjadikan keadan rahim akan lebih tenang.

Perlu ibu hamil ketahui bahwasanya kontraksi biasa terjadi di awal kehamilan atau pada trimester pertama kehamilan. Keadaan tubuh ibu hamil yang sedang dalam masa proses penyesuaian dengan berbagai perubahan yang akan muncul pada saat masa kehamilan datang.

Normalnya,di minggu ke 38-40 kehamilan, kepala janin sudah mulai turun ke rongga panggul. Bersamaan dengan itu, otot-otot rahim pun mulai melakukan gerakan mengerut dan meregang secara bergantian, terus-menerus secara teratur. Nah, gerakan otot rahim seperti inilah yang disebut kontraksi.

Kenali tanda-tanda kontraksi ibu hamil

Seperti apa rasanya? Ada yang mengatakan nyeri seperti diperas, kaku dan tegang di perut, khususnya bagian bawah, atau mulas seperti ingin buang air besar.

Yang pasti, frekuensi terjadinya kontraksi semakin lama semakin meningkat, begitu juga dengan kekuatannya. Awalnya, jarak waktu antara kontraksi yang satu dan selanjutnya cukup panjang, biasanya selang satu jam. Lalu, semakin memendek, bisa tiap 30 menit, 15 menit, dan menjelang waktunya bayi lahir, jarak kontraksi bisa mencapai 2 atau 1 menit sekali.

Sewaktu jarak antar-kontraksi masih jauh, mungkin rasa nyeri terasa hanya pada bagian atas perut. Namun seiring dengan kemajuan proses awal ini, rasa nyeri semakin menjalar ke bagian bawah perut, bahkan ke arah bawah punggung dan belakang pinggang. Saat mulut rahim sudah membuka sempurna, rasa nyeri yang hebat di daerah tadi akan terasa sangat kuat.

Begitu pentingnya masa kehamilan maka perlu adanya perhatian khusus yang serius untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Demikian ulasan tersebut tersaji untuk Anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. Kunjungi untuk lebih lengkapnya: griyabunda.com

No comments:

Post a Comment